Data
analisis penelitian berguna untuk mengetahui teori pelaksanaan pada kondisi
eksisiting sebenarnya. Unjuk kerja simpang dibedakan atas simpang tak bersinyal
dan simpang bersinyal. Indikator unjuk kerja simpang antara lain derajat
kejenuhan, tundaan dan peluang antrian serta rasio arus dan waktu siklus alat pemberi
isyarat lalu lintas. Untuk kerja simpang bersinyal dicari dengan mengetahui arus jenuh dasar,
nilai arus jenuh, perbandingan arus lalu lintas dengan arus jenuh, waktu siklus
penyesuaian dan waktu hijau, kapasitas dan derajat kejenuhan. Untuk perhitungan
pada simpang tak bersinyal menggunakan bebrapa tahap diantaranya:
B. Analisa Data
1. Inventarisasi Simpang
a.
Lokasi Persimpangan Jalan Cempaka
b.
Klasifikasi Jalan
Prasarana jalan di Persimpangan Jalan
Cempaka termasuk dalam kategori jalan kolektor yang melayani
angkutan pengumpulan/pembagi dengan ciri-ciri perjalanan jarak sedang,
kecepatan rata-rata sedang, dan jumlah jalan masuk dibatasi. Jalan ini banyak
dilewati mobil pribadi yang menuju Pusat Pemerintah Daerah Kota Tegal dan
menuju ke pemukiman serta angkutan yang menuju ke Kawasan Perbelanjaan.
Persimpangan
Jalan Cempaka memiliki 3 kaki simpang:
Kaki Utara : Jl. A.R
Hakim
Kaki Selatan : Jl.
A.R Hakim
Kaki Timur : Jl.
Cempaka
Kaki Simpang
|
KELAS JALAN
|
FUNGSI JALAN
|
Utara
|
IIIB
|
Kolektor Primer
|
Selatan
|
III B
|
Kolektor Primer
|
Timur
|
III C
|
Lokal Sekunder
|
c.
Lebar
jalan
Desain geometris jalan yang ada sudah
cukup baik. Lebar jalan tersebut dianggap sudah efektif untuk menampung volume
lalu lintas yang melewati persimpangan Jalan Cempaka karena
persimpangan ini memiliki volume kendaraan yang relatif sedikit sehingga tidak
pernah terjadi kemacetan.
d.
Kondisi
jalan
Kondisi jalan di persimpangan Jalan
Cempaka ini sudah sangat baik. Tidak ditemukan jalan yang rusak
atau berlubang. Perkerasan jalan ini sudah disesuaikan dengan berat kendaraan
yang diperbolehkan lewat sehingga jalan tidak akan mudah rusak.
Jenis konstruksi jalan dengan perkerasan aspal. Permukaan jalan rata dengan
lapisan jalan aspal hotmix.
e. Trotoar
Dari ketiga kaki
simpang persimpangan Jalan Cempaka memiliki trotoar pada kaki simpang
sebelah utara dan selatan dengan lebar trotoar 2 dan 3 meter.
f.
Drainase / Saluran Air
Di persimpangan Jalan
Cempaka ini drainase
terletak di bawah trotoar.
g. Tikungan / Belokan
Tikungan atau belokan di
simpang ini telah didesain dengan baik ,dan bangunan di sekitar tikungan
tidak menghalangi jarak pandang pengguna kendaraan.
h. Marka Jalan
Marka jalan di jalan
mayor sudah bagus namun pada
simpang ini tidak ditemukan fasilitas penyeberang jalan atau zebra cross pada
mulut simpang.
i. Penerangan Jalan
Penerangan jalan di simpang sudah cukup
baik. pada setiap kaki
simpang juga dipasang lampu dengan jarak antar lampu 25 meter. Pada median jalan tidak dipasang lampu, hanya pada bundaran terdapat lampu penerangan.
2. Survai Gerakan Membelok Terklasifikasi
Berikut
ini merupakan proporsi arus lalu lintas dalam satuan smp/jam pada jam tersibuk disetiap kaki
simpang
a) Kaki simpang utara pada jam sibuk
pagi (06.00-09.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
24
|
722
|
-
|
HV
|
0
|
40
|
-
|
MC
|
48
|
524
|
-
|
UM
|
27
|
228
|
-
|
Jumlah
|
99
|
1514
|
-
|
b)
Kaki
simpang utara pada jam sibuk siang
(11.00-13.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
16
|
657
|
-
|
HV
|
0
|
20
|
-
|
MC
|
39
|
741
|
-
|
UM
|
16
|
161
|
-
|
Jumlah
|
71
|
1579
|
-
|
c)
Kaki
simpang utara pada jam sibuk Sore
(16.00-18.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
11
|
476
|
-
|
HV
|
3
|
12
|
-
|
MC
|
39
|
891
|
-
|
UM
|
39
|
352
|
-
|
Jumlah
|
92
|
1731
|
-
|
d)
Kaki
simpang Selatan
pada jam sibuk pagi (06.00-09.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
-
|
453
|
79
|
HV
|
-
|
10
|
5
|
MC
|
-
|
1164
|
223
|
UM
|
-
|
368
|
80
|
Jumlah
|
-
|
1995
|
387
|
e)
Kaki
simpang selatan
pada jam sibuk siang
(11.00-13.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
-
|
537
|
77
|
HV
|
-
|
8
|
7
|
MC
|
-
|
654
|
108
|
UM
|
-
|
96
|
52
|
Jumlah
|
-
|
1296
|
244
|
f)
Kaki
simpang selatan
pada jam sibuk Sore
(16.00-18.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
-
|
394
|
42
|
HV
|
-
|
35
|
0
|
MC
|
-
|
672
|
108
|
UM
|
-
|
161
|
37
|
Jumlah
|
-
|
1262
|
187
|
g)
Kaki
simpang timur
pada jam sibuk pagi (06.00-09.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
71
|
-
|
13
|
HV
|
3
|
-
|
0
|
MC
|
226
|
-
|
58
|
UM
|
66
|
-
|
31
|
Jumlah
|
366
|
-
|
102
|
h)
Kaki
simpang timur
pada jam sibuk siang
(11.00-13.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
65
|
-
|
8
|
HV
|
4
|
-
|
0
|
MC
|
251
|
-
|
28
|
UM
|
51
|
-
|
14
|
Jumlah
|
371
|
-
|
50
|
i)
Kaki
simpang timur
pada jam sibuk Sore
(16.00-18.00 WIB)
Jenis Kendaraan
|
Kiri
|
Lurus
|
Kanan
|
LV
|
54
|
-
|
11
|
HV
|
2
|
-
|
2
|
MC
|
356
|
-
|
35
|
UM
|
114
|
-
|
14
|
Jumlah
|
526
|
-
|
62
|
Tabel Arus Lalu Lintas
No
|
Kaki
Simpang
|
Arah
Lalu Lintas
|
Volume
(smp/jam)
|
Rata-rata per arah
|
Jumlah rata-rata volume lalu lintas (Q)
|
||
Pagi
|
Siang
|
Sore
|
|
||||
1
|
Utara
|
Kiri
|
33
|
36
|
30
|
33
|
753
|
(mayor)
|
Lurus
|
504
|
790
|
866
|
720
|
||
|
|
|
|
|
|||
2
|
Selatan
|
Lurus
|
665
|
648
|
631
|
648
|
763
|
(mayor)
|
Kanan
|
129
|
122
|
94
|
115
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Timur
|
Kiri
|
122
|
186
|
263
|
190
|
220
|
|
(minor)
|
Kanan
|
34
|
25
|
31
|
30
|
|
![]() |
|
|
|
|
|
|
3.
Arus Jenuh
Arus jenuh adalah besarnya keberangkatan antrian didalam suatu pen dekat selama kondisi
yang ditentukan (smp/jam).
Dengan : So =
arus jenuh dasar
Fcs = faktor koreksi ukuran kota
Fsf = faktor koreksi gangguan samping
Fg = faktor koreksi kelandaian
Fp = faktor koreksi parkir
Frt = faktor koreksi belok kanan
Flt =
faktor koreksi belok kiri
a. Menghitung
arus jenuh dasar masing – masing kaki simpang dengan menggunakan persamaan:
Lebih
lengkapnya bisa dilihat dalam tabel penghitungan arus jenuh dasar dibawah ini :
Penghitungan arus jenuh
|
||||
Kaki Simpang
|
LEBAR
|
ARUS JENUH DASAR
|
||
We ( m )
|
So ( smp/ jam )
|
|||
Utara
|
6,1
|
3203
|
||
Selatan
|
6,1
|
3203
|
||
Timur
|
2,25
|
1181
|
||
b.
Jumlah
penduduk yang berada di Kota Tegal
< 1 juta penduduk, maka dapat diketahui bahwa nilai faktor penyesuaian
ukuran Kota Tegal
adalah Fcs = 0,86
c.
Dengan memadukan antara jumlah kendaraan tidak bermotor,
lingkungan sekitar simpang, maupun kondisi tata guna lahannya dapat diketahui
nilai faktor hambatan :
Kaki simpang
|
Lingkungan jalan
|
Hambatan samping
|
Rasio kendaraan tidak bermotor
|
Fsf
|
Utara
|
Komersil
|
Rendah
|
0
|
0,95
|
Selatan
|
Komersil
|
Rendah
|
0
|
0,98
|
timur
|
pemukiman
|
Rendah
|
0
|
0,95
|
d. Friksi kelandaian persimpangan untuk
masing – masing kaki simpang adalah data
( 0% ), oleh karena itu faktor gradien ( Fg )
adalah 1,00.
e. Disekitar persimpangan tidak terdapat
parkir, maka faktor penyesuaian parkir adalah 1,00.
f. Prosentase Belok kanan dan kiri
1) Faktor
penyesuaian belok kanan( Frt )
Sebelum mendapatkan Frt, terlebih dahulu harus diketahui besarnya Prt :
Prt adalah jumlah
kendaraan belok kanan dibagi dengan jumlah total arus kendaraan pada kaki
simpang tersebut ( smp/jam ). Setelah Prt diketahui dapat dihitung Frt dengan
rumus :
2) Faktor
penyesuaian belok kiri ( Flt )
Sebelum mendapatkan Flt, terlebih dahulu harus diketahui Plt pada
simpang tersebut:
Plt adalah jumlah kendaraan belok kiri dibagi dengan jumlah total arus
kendaraan pada kaki simpang tersebut ( smp/jam ). Untuk mencari Flt dapat dicari dengan
rumus :
Sehingga arus kendaraan masing – masing kaki dapat dilihat
melalui tabel berikut :
Faktor penyesuaian belok kanan dan kiri
|
|||||||
kaki simpang
|
jumlah arus
( smp/jam )
|
belok kanan
( smp/jam )
|
belok kiri
( smp/jam )
|
Prt
|
Plt
|
Frt
|
Flt
|
Utara
|
753
|
-
|
33
|
-
|
0,04
|
-
|
0,99
|
Selatan
|
763
|
115
|
-
|
0,15
|
-
|
0,96
|
-
|
Timur
|
220
|
30
|
190
|
0,14
|
0,86
|
0,96
|
0,86
|
g.
Setelah faktor – faktor penyesuaian diketahui, maka arus
jenuh masing – masing kaki simpang dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
Arus jenuh
tertinggi terjadi pada kaki simpang sebelah selatan dengan nilai 3203 smp/jam karena pada kaki simpang ini
merupakan jalan yang banyak dilewati oleh kendaraan yang beragam sehingga arus lalu lintas cenderung
padat dibandingkan dengan kaki simpang yang lain.
Arus Jenuh Tiap Kaki Simpang
|
|||||||||
kaki simpang
|
Lebar We
|
So
|
Faktor Penyesuaian
|
Arus Jenuh S
|
|||||
( m )
|
( smp/jam )
|
Fcs
|
Fsf
|
Fg
|
Fp
|
Frt
|
Flt
|
( smp/jam )
|
|
Utara
|
6,1
|
3203
|
0,86
|
0,95
|
1,00
|
1,00
|
-
|
0,99
|
2590
|
Selatan
|
6,1
|
3203
|
0,86
|
0,98
|
1,00
|
1,00
|
0,96
|
-
|
2591
|
Timur
|
5,4
|
2835
|
0,86
|
0,95
|
1,00
|
1,00
|
0,96
|
0,86
|
1912
|
4.
Derajat Kejenuhan Tiap kaki simpang
Derajat kejenuhan dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
DS adalah jumlah volume pada kaki
simpang dibagi kapasitas pada kaki simpang yang sama.
Penghitungan
derajat kejenuhan
|
|||
Kaki simpang
|
Arus ( Q )
|
Kapasitas ( C )
|
Derajat Kejenuhan
|
( smp/jam)
|
( smp/jam )
|
( DS )
|
|
Utara
|
753
|
2590
|
0,29
|
Selatan
|
763
|
2591
|
0,29
|
Timur
|
220
|
1912
|
0,12
|
Derajat
kejenuhan tertinggi terjadi pada kaki simpang sebelah utara dan
selatan karena arus lalu lintasnya yang cukup
tinggi mengingat Jl. AR Hakim merupakan jalan yang menghubungkan Kota Tegal
dengan Kabupaten Tegal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar